August 5, 2007

Pengertian Manajemen Pengetahuan

Posted in Knowledge Management at 5:57 pm by Johan Tambotoh

P e n d a h u l u a n

Perkembangan dewasa ini menunjukan pada makin cepatnya perubahan dalam segala bidang kehidupan, akibat dari efek globalisasi serta perkembangan teknologi informasi yang sangat akseleratif. Kondisi ini jelas telah mengakibatkan perlunya cara-cara baru dalam menyikapi semua yang terjadi agar dapat tetap survive. Penekanan akan makin pentingnya kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu respon dalam menyikapi perubahan tersebut, dan ini tentu saja memerlukan upaya-upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan SDM.
Sehubungan dengan itu peranan ilmu pengetahuan menjadi makin menonjol, karena hanya dengan pengetahuanlah semua perubahan yang terjadi dapat disikapi dengan tepat. Ini berarti pendidikan memainkan peran penting dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas dan kompetitif. Ketatnya kompetisi secara global khususnya dalam bidang ekonomi telah menjadikan organisasi usaha memikirkan kembali strategi pengelolaan usahanya, dan SDM yang berkualitas dengan penguasaan pengetahuannya menjadi pilihan penting yang harus dilakukan dalam konteks tersebut.

Pengetahuan telah menjadi sesuatu yang sangat menentukan, oleh karena itu perolehan dan pemanfaatannya perlu dikelola dengan baik dalam konteks peningkatan kinerja organisasi. Langkah ini dipandang sebagai sesuatu yang sangat strategis dalam menghadapi persaingan yang mengglobal, sehingga pengabaiannya akan merupakan suatu bencana bagi dunia bisnis, oleh karena itu diperlukan cara yang dapat mengintegrasikan pengetahuan itu dalam kerangka pengembangan SDM dalam organisasi. Dari sinilah istilah manajemen pengetahuan berkembang sebagai suatu bagian penting dan strategis dalam pengelolaan SDM pada Perusahaan/organisasi.

Pengetahuan memang merupakan milik individu, namun dapat dimanfaatkan oleh organisasi dengan tetap memberikan otonomi pengembangannya pada individu tersebut. Dalam hubungan ini belajar dan pembelajaran menjadi kata kunci dalam peningkatan kapasitas pengetahuan, oleh karenanya menjadikan individu sebagai pembelajar merupakan kondisi yang diperlukan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kinerja organisasi melalui pengintegrasiannya dengan proses organisasi. Untuk itu organisasi perlu melakukan pengembangan dirinya menjadi organisasi pembelajar, sebab hanya dalam kondisi yang demikian individu/pegawai dapat benar-benar menjadi manusia pembelajar.

Pentingnya Learning Organization telah lama menjadi konsern para akhli organisasi, terutama semenjak terbitnya buku karya Peter Senge “The Fifth Discipline” pada tahun 1990, disamping itu organisasi-organisasi baik organisasi bisnis maupun non bisnis juga telah mencoba mengembangkan konsep tersebut dalam upaya menjadikan organisasi mereka kompetitif, dan dalam konteks itulah manajemen pengetahuan menjadi amat penting, karena dengan pengelolaan yang tepat dapat menjadi suatu kekuatan kompetitif yang tangguh yang diperlukan sekali dalam perkembangan global dewasa ini. Berikut ini akan dikemukakan makna manajemen pengetahuan dengan menggunakan rujukan utama buku yang ditulis oleh Christina Evans berjudul Managing for Knowledge, HR’s Strategic Role.

Mengelola Pengetahuan

Kehidupan di jaman informasi dimana pengetahuan dipandang sebagai aset bisnis strategis memerlukan upaya pengelolaan pengetahuan agar dapat mendorong bagi perkembangan bisnis. Aset pengetahuan mencakup :

  • Aset struktural
  • Merek
  • Hubungan dengan pelanggan
  • Hak paten
  • Produk
  • Proses operasi
  • Aset manusia yang mencakup :
  1. Pengalaman pegawai
  2. Keterampilan pegawai
  3. Hubungan personal

Pengetahuan telah menjadi aset bisnis utama didorong oleh perubahan-perubahan dalam bidang teknologi dan dalam bisnis global. Perubahan ini telah menjadikan orientasi manajemen SDM yang menitik beratkan pada tangible asset bergeser pada perhatian yang lebih menitik beratkan pada intangible asset. Hal ini juga berarti bahwa comparative advantage yang berbasis Sumberdaya Alam (SDA) dalam bisnis bergeser pada competitive advantage yang berbasis kualitas SDM, dan dalam konteks inilah pengetahuan menjadi aset yang sangat penting dalam pengelolaan atau manajemen SDM.

Pengetahuan, menurut Davenport merupakan perpaduan yang cair dari pengalaman, nilai, informasi kontekstual, dan kepakaran yang memberikan kerangka berfikir untuk menilai dan memadukan pengalaman dan informasi baru. Ini berarti bahwa pengetahuan berbeda dari informasi, informasi jadi pengetahuan bila terjadi proses-proses seperti pembandingan, konsekwensi, penghubungan, dan perbincangan. Pengetahuan dapat dibagi ke dalam empat jenis yaitu a). pengetahuan tentang sesuatu; b) pengetahuan tentang mengerjakan sesuatu,; c). pengetahuan menjadi diri sendiri; dan d). pengetahuan tentang cara bekerja dengan orang lain. Sedang tingkatan pengetahuan dapat dibagi tiga yaitu : 1) mengetahui bagaimana melaksanakan; 2). Mengetahuai bagaimana memperbaiki; dan 3). Mengetahui bagaimana mengintegrasikan.

Dengan pemahaman pengetahuan seperti itu, maka manajemen pengetahuan dapat didefinisikan sebagai berikut : “proses menterjemahkan pelajaran yang dipelajari, yang ada dalam diri/pikiran seseorang menjadi informasi yang dapat digunakan setiap orang”. Dalam konteks ini profesional SDM memandang manajemen pengetahuan sebagai menjamin penngetahuan yang diperoleh dikembangkan bersama dengan orang lain dalam organisasi. Dengan demikian, pengetahuan yang dimiliki organisasi secara penuh tersedia melalui penyediaan lingkungan yang tepat, budaya, struktur dan proses guna memotivasi dan mendorong sharing pengetahuan pada setiap tingkat dalam organisasi. Jadi thema utama dari manajemden pengetahuan adalah sebagai berikut :

  • Pembelajaran
  • Pengembangan/sharing
  • Penempatan orang di tempat yang tepat dan waktu yang tepat
  • Pembuatan keputusan yang efektif
  • Kreativitas
  • Membuat pekerjaan jadi lebih mudah
  • Mendorong tumbuhnya bisnis baru dan nilai bisnis

Adapun tahapan perkembangan manajemen pengetahuan dalam organisasi adalah sebagai berikut :

  • Knowledge-chaotic (tak sadar konsep, tak ada proses informasi, dan tak ada sharing informasi).
  • Knowledge-aware (sadar akan kebutuhan manajemen pengetahuan, adabeberapa proses manajemen pengetahuan, ada teknologi, ada isu tentang sharing informasi).
  • Knowledge-enabled (memanfaatkan manajemen pengetahuan, mengadopsi standar, isu-isu berkaitan dengan budaya dan teknologi).
  • Knowledge-managed (kerangka kerja yang terintegrasi, merealisasikan manfaat, isu-isu pada tahap sebelumnya teratasi).
  • Knowledge-centric (manajemen pengetahuan merupakan bagian dari misi, nilai pengetahuan diakui dalam kapitalisasi pasar, manajemen pengetahuan terintegrasi dalam budaya)

Bagi organisasi yang ingin menerapkan manajemen pengetahuan dalam organisasinya perlu menyadari pertama, bahwa pengetahuan ada pada orang dan bukan pada sistem, meskipun sistem punya data dan informasi yang dapat membantu proses pengetahuan. Kedua, penciptaan pengetahuan merupakan proses sosial, tercipta melalui interaksi antara individu-individu dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Perubahan Peran SDM dari Operasional ke Strategik

Untuk menjadikan manajemen pengetahuan menjadi bagian dari organisasi, diperlukan pergeseran peran dari manajemen dengan orientasi SDM yang operasional/tradisional menjadi orientasi SDM yang strategis. Adapun perbedaan antara yang tradisional (manajemen personalia) dengan Manajemen SDM adalah sebagai berikut :

Karakteristik perang manajemen personel/tradisional

  • Reaktif
  • Advokasi pegawai
  • Unit kerja/task force
  • Fokus pada isu operasional
  • Isu kualitatif
  • Stabilitas
  • Solusi taktis
  • Integritas fungsi
  • Orang sebagai beban/biaya

Karakteristik perang manajemen Sumberdaya Manusia (SDM)

  • Proaktif
  • Parner bisnis
  • Fokus pada tugas dan pemberdayaan
  • Fokus pada isu strategis
  •  Isu kuantitatif
  • Perubahan konstan
  •  Solusi startegis
  • Multi fungsi
  • Orang sebagai aset

Dalam mengimplementasi Manajemen Pengetahuan, diperlukan SDM yang tidak hanya kompeten, tapi juga dapat menunjukan dan mendemonstrasikan sikap sebagai berikut (Ulrich, 2000) :

  • Mentransformasikan pengetahuan ke dalam tindakan.
  • Membuat pilihan berdasar informasi tentang bagaimana berinvestasi dalam praktek SDM untuk menjamin hasil bisnis.
  • Berhubungan dengan rekan profesi SDM dan manajer garis dengan penuh keyakinan bahwa dia punya sesuatu yang bernilai untuk ditawarkan.
  • Menunjukan keyakinan, kepastian, pengambilan resiko, dan berorientasi tindakan.

Sumber:

http://uharsputra.wordpress.com/artikel/manajemen-pengetahuan/

 

 

Berikut ini ada beberapa file yang menjelaskan pengertian dari Manajemen Pengetahuan

Pengertian Manajemen Pengetahuan (www.ilmukomputer.com)

 

 

About these ads

21 Comments »

  1. cindhe said,

    saya senang dengan tulisan yang anda buat, sungguh menambah wawasan saya, saat ini saya sedang mempelajari tentang organisasi pembelajar dan saya sangat tertarik untuk mengembangkannya… mungkin bpk johan punya saran atau referensi yang bisa membantu saya, trimakasih

  2. johantambotoh said,

    Hallo #cindhe,

    Terima kasih untuk komentarnya, saya pun masih sementara belajar ttg KM ini dan sementara menjalankan implementasi KM pada komunitas fasilitator pemberdayaan masyarakat di Indonesia.

    Saya pikir referensi di internet cukup banyak jadi tinggal di search saja. Kalau personal yang cukup kompeten dengan KM di Indonesia bisa menghubungi Bp. Romi Satria Wahono di http://www.romisatriawahono.net.

    Terima kasih,

    Johan

  3. jojon said,

    kalau menurut saya sih biasa aja kali, kali yang banyak sampahnya itu perlu untuk diimplementasikan konsep manajemen yang sudah anda miliki dan pahami. jadi biar sampah dikali itu termanage gitu………… kalau bisa juga orang yang tinggal di pinggir kali itu ikutan jadi termenej. jangan hanya jadi manajer yang tidak dibayar (om do).

  4. ulfi said,

    mmmmm
    lu leh saran, bwt dunk pngertian manager scr lengkap..
    y,y,y,y,y,y,y

  5. tias said,

    NATO (No Action Talk Only) !

  6. tias said,

    judul blog ga sesuai ma isi!
    pengertian manajemen menurut johan tambotoh, masih abstrak!

  7. yeyen said,

    bwt pengertioan manajemen menurut ahli ekonomi dunia donk……

  8. uly tobing said,

    thanls bnget yach

  9. bwt donk defenisi manajemen menurut parah ahli, krn penting banget tuh bwt mahasiswa kayak kami.
    pa lg di campus aq sekarang lagi ada tugas mencari definisi manajemen menurut para ahli,,,,,,
    buat y please…………
    GBU

  10. rezza said,

    terima kasih buat informasinya
    membuat saya menjadi menambah wawasan

  11. deden s.a said,

    saya belum tau kalo pengertian menajemen olahraga itu apa yah?
    trimakasih

  12. asroel ajib said,

    pengertian manajemen menurut para pakar

  13. GembelElite said,

    tong kosong nyaring bunyinyaaa…
    orang yg banyak omong gak ada isi otaknya alias nol…

  14. rayes said,

    apa pengertian dr MANAJEMEN BISNIS??
    apa contohnya????
    tujuan bisnis itu apa???
    mengapa perlu belajar manajemen bisnis???
    apa pengertian bisnis dan ekonomi????
    tentunya anda pasti taukan????
    tolong ya anda jelaskan, karena saya sangat membutuhkan jawaban dari anda.
    atas jawabanya saya ucapkan terimakasih banyak……………………….

  15. [...] Pengertian Manajemen Pengetahuan [...]

  16. [...] Pengertian Manajemen Pengetahuan [...]

  17. hery said,

    konsep manajemen dalam pemjaskes apa saja???

  18. hery said,

    konsep manajemen dalam pemjaskes apa saja???
    ma kasih jawabanya…………..

  19. tlng anda selaskan tentang perbedaan bisnis dan manajem.
    1. apa pengertian dari bisnis dan manajemen.
    2. apa yang menjadi kendala dalam bisnis dan manajemen
    3. dan tlng berikan konsep yang paling terpenting dlm bisnis dan manajemen

  20. tlng bapa johan selaskan tentang perbedaan bisnis dan manajemen
    1.apa pengertian dari bisnis dan manajemen
    2. apa yang menjadi kendala dalam dan manajemen
    3. dan tlng berikan konsep yang paling terpenting dlm bisnis dan manajemen

  21. anju said,

    buat pengertian manajemen menurut para ahli ekonomi dong …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: