August 5, 2007

E-commerce dan e-bisnis, Apa Bedanya?

Posted in e-Business at 8:24 pm by Johan Tambotoh

Banyak orang mengasumsikan bahwa e-commerce dan e-bisnis adalah sama. Istilah e-commerce dan e-bisnis mungkin kedengarannya sama tapi secara teknis sebenarnya keduanya berbeda.

 

Keduanya memang memiliki huruf ‘e’ yang mengindikasikan penggunaan elektronik termasuk internet dan EDI (electronic data interchange) untuk mengembangkan proses bisnis. Secara definisi e-commerce merupakan bagian dari e-bisnis, namun tidak semua e-bisnis berarti e-commerce.

 

E-commerce lebih sempit jika dibandingkan e-bisnis, di mana e-commerce adalah sub perangkat dari e-bisnis. Di mana e-bisnis sangat luas, menunjuk kepada penggunaan teknologi untuk menjalankan bisnis yang memberikan hasil, memberikan dampak yang besar kepada bisnis secara keseluruhan.

 

Sementara e-commerce mengacu kepada penggunaan internet untuk belanja online, seperti untuk belanja produk dan jasa. Contohnya terjadi ketika konsumen men-order tiket, buku atau hadiah, produk berwujud maupun tidak berwujud melalui internet. Sampel lainnya ketika sebuah organisasi atau individu membayarkan sejumlah uang via internet.

 

Istilah e-bisnis meng-cover semua area bisnis. E-bisnis terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan para klien atau nasabah melalui email. Pemasaran dilakukan melalui internet, menjual produk atau jasa melalui internet, menggunakan internet untuk riset pasar, menggunakan internet untuk meng-hire orang, menggunakan internet untuk promosi produk dan jasa, dan sebagainya.

 

Ilustrasi lainnya, order buku di Amazon.com termasuk pada e-commerce dan e-bisnis. Membuat sebuah peta dengan arahan dari rumah ke kantor pos di yahoo.com merupakan e-bisnis tapi tidak melibatkan e-commerce.

Memang terkadang banyak hal membingungkan dari istilah-istilah tersebut. Kebingungannya seperti istilah marketing (pemasaran) dan sales (penjualan). Sales merupakan bagian dari marketing. Marketing termasuk aktivitas lain seperti periklanan, yang bukan merupakan bagian dari sales. (SH)

Sumber: http://www.wirausaha.com

http://wirausaha.com/e_bisnis/270-e_commerce_dan_e_bisnis__apa_bedanya_.html 

12 Comments »

  1. vena said,

    halo boz….. kebetulan nih artikel nih berguna buat skripsiku…. tentang e-business juga… thank u so much

  2. johantambotoh said,

    oke …..

    silahkan membaca ya……..

    Tks

  3. koko said,

    om…

    kasih arikel tentang e-bisnis yg lain dunkz…

    biar pada tau apa sih e-binis itu😛

    tq om..

  4. yusup said,

    makasih artikelnya so bantu kita pe tugas

  5. Antonius Deni said,

    Ok. Thx bngt Om…
    Em, ada bisnis OK Gak Om…?
    Mahasiswa nieh,,
    BT kuliah terus..

  6. wawsuit said,

    ma kasih

  7. […] E-commerce dan e-bisnis, Apa Bedanya? […]

  8. lucky said,

    mas, artikelnya bagus, aku copy yah, buat bahan kuliah, makasih..

  9. destinal said,

    Siip…

  10. Halo pak, thanks ya artikelnya, saya cuplik ya buat paper sistem informasi manajemenku. Saya cantumkan juga kok sumbernya di daftar pustaka. Makasih banyak🙂

  11. […] Tambotoh (2007) di dalam blognya (https://johantambotoh.wordpress.com/2007/08/05/e-commerce-dan-e-bisnis-apa-bedanya/#comment-591),   e-commerce dan e-bisnis adalah dua hal yang berbeda,  karena secara teknis e-commerce […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: