September 20, 2007

Menulis di Blog

Posted in Catatan Harian at 7:36 pm by Johan Tambotoh

Hallo semua,

Mohon maaf karena kesibukan dan terbatasnya akses internet di Indonesia, maka update informasi di weblog ini sangat terbatas. Akhirnya saya hanya bisa mengunduh beberapa tulisan yang terkait dengan tema dan topik yang ada.

Hanya saja dalam beberapa tulisan yang ditampilkan, saya belum sempat mengedit bahkan memberikan komentar. Memang di bagian akhir saya selalu memberikan link yang merupakan sumber informasi. Tapi, itulah…karena kadang kurang hati-hati maka banyak tulisan yang bahkan mentah2 saya salin…..hahaha….budaya copy-paste????

Sebetulnya tidak bermaksud untuk cari gampang sih …. Hanya mau mengumpulkan dan mengkategorisasi berbagai pemikiran/ide/usul yang ada menjadi suatu kumpulan tulisan dan bahkan membentuk pengetahuan.

Terima kasih buat pembaca yang telah dengan teliti memberikan kritik dan masukan. Kedepan saya akan berusaha menampilkan tulisan sendiri.

Maju terus ilmu dan pengetahuan di Indonesia……….

6 Comments »

  1. STR said,

    Terima kasih kembali, hehe …😆

    Tapi jangan berhenti ngeblog ya?

  2. johantambotoh said,

    hehe….gak lha yaww….

    Ini malah aku sementara mendorong mahasiswa FTI untuk masing2 punya blog dan bisa menuangkan ide/pemikirannya di blog masing2 mirip STR…..

    Oh iya aku ada ide, kapan2 kita bisa diskusikan ini lebih lanjut….pernah kebayang gak misalnya 1 mahasiswa UKSW punya 1 blog….hmmm…luar biasa kan pengetahuan yang bisa kita kelola….Soalnya saya sementara mendorong dosen2 lain juga untuk nge-blog……

    Hehe…..Maju terus Ilmu Pengetahuan di Indonesia

  3. STR said,

    Mas, saya dulu pernah ngobrol2 sama anak2 SEMA FTI tentang hal semacam ini. Apa yang menjadi tanggapan mereka bisa dibaca di sini:

    http://www.orangmuda.com/another-blog-campaign/satria-anandita-nonoputra/

    Memang ada banyak keuntungan kalo di UKSW ini banyak blogger. Diskusi2 yg selama ini terhambat sungkan, tempat, dan waktu bisa terfasilitasi lewat internet. Ilmu pengetahuan bisa berputar terus dan berkembang, apabila putarannya meningkat.

    Di kampus lain banyak blogger, Mas. Bahkan setahu saya UGM itu bahkan punya layanan untuk mahasiswanya bisa bikin blog yang dihosting sendiri sama UGM (pake fasilitas WordPress Multi User). Ini hasil karya PPTIK UGM.

    http://www.pptik.ugm.ac.id/?modul=baca&dir=harian&artikel=4741FD78C963

    Nah, BTSI UKSW bisa nggak bikin kayak gini? Udah bayar kuliah mahal, nggak ada apa2nya pula kampus ini.😈

  4. johantambotoh said,

    Hallo STR….good idea…!!!

    Memang betul kata pepatah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali..!!!!

    Dan kayaknya kita perlu ketemu segera (secara fisik…gak di dunia maya aja..hehehe)…..karena saat ini saya ada ide untuk memasyaratkan BLOG di UKSW, tidak hanya ke mahasiswa tapi terpenting untuk DOSEN juga…!! Bisa dibayangkan kekuatan knowledge yang bisa kita kumpulkan jika sekitar 100-an dosen yang ngeblog….

    Hmm…siapa oknum SEMA FTI itu…??? Hmm….ntar bisa kena ‘jewer’ ama aku tuh….(hehehe…..sorry bukan Dosen Killer soalnya….kan di FE banyak yang Killer tuh…hahaha…ini dosen apa preman ya…sory OOT)….

    Kenapa harus server sendiri??? Kan di WordPress, Blogger, Multiply bahkan Friendster juga bisa…iya kan?

    Satu contoh konkritnya sekarang mahasiswa aku yang ambil kelas Knowledge Management itu saya WAJIBKAN untuk punya BLOG pribadi, persoalan content blog masing2 itu urusan lain….tapi mau nge-BLOG aja udah bagus kan….

    Sebetulnya pake yang WordPress multiuser juga bisa…tapi kan tidak menjadi keharusan. Kebetulan kami di BISTEK (beda lho ama BTSI), sementara mengembangkan hal itu untuk project dari World Bank.

    Bisa dibayangkan apabila separuh dari mahasiswa UKSW yang katanya jumlahnya diatas 10 rb orang punya BLOG…wow…that’s great..!!!

    Kayaknya ide kamu mengenai Salatiga Blogger Community bisa kita realisasikan segera. Dan woowwww….ternyata kamu itu bagian dari Loenpia????

    Bagusss…..ayo kapan kita bisa discuss….kita bikin Seminar dan Workshop ttg BLOG di UKSW. Sponsornya aku…eh salah SW-BTC atau BISTEK FTI UKSW. Seminar (kita buat mirip Kuliah UMUM) itu diadakan di BU dan Workshop-nya di Lab FTI UKSW. Tempat dan fasilitas aku sediakan, dan Tutor dari Loenpia.

    Gimana…??? berani terima tantangan ini?????

    Call/send me a SMS at… 0813 253 79 883 or 0888 257 1911
    email: johan_tambotoh@yahoo.com

  5. STR said,

    Wah, ternyata Mas Johan semangat juga ya? Sampai2 mahasiswanya diwajibkan punya blog juga.

    Minta daftar blog mahasiswa2nya dong, Mas. Kali aja ada yg cantik!😈

    Memang bukan suatu keharusan untuk bikin di server sendiri. Tapi dengan kampus memberikan fasilitas seperti itu, paling tidak itu bisa menjadi pertanda kalo kampus juga concern sama dunia blogging. Selain itu dengan domain ……….web.ugm.ac.id (contoh yg punya UGM), nama kampus juga bisa dikenal lebih luas. Tapi ya itu tadi, ini bukan sebuah keharusan …

    Oke, Mas, beri saya waktu sehari atau dua hari dulu untuk mikir. Ntar saya SMS/telp ke Fren Mas Johan. Saya udah catat nomornya.

    SEMANGAT …!!!😀

  6. n3tg33ks said,

    Bagaimana yah klo kuliah di blog-kan juga
    biarkan tuh materinya disampaikan lewat blog.
    Klo lewat blog kan bisa lancar tuh pertanyaan”nya,
    gak sungkan” lagi misalnya mau bantah.
    yang paling enak gak perlu tidur di kelas klo dah ngantuk karena kelas yang tidak memberitahu saya sesuatu yang baru.

    Tapi kelasnya k tams cukup menyenangkan, karna biasanya beliau menyampaikan sesuatu yang baru, yang saya belum tau…
    Keep improving


Leave a Reply

