September 29, 2007

Miskin Dokumentasi Pengetahuan

Posted in Catatan Harian, Knowledge Management tagged at 2:26 am by Johan Tambotoh

Ya…itulah “kegalauan” yang sementara ini terus menghantui perasaan ini (iihhh kok jadi puitis banget..??)…….

Gimana gak galau…… Dimana-mana orang pinter berseliweran didepan mata, berhadapan langsung dan bahkan terlibat dalam diskusi serius nan panas membicarakan berbagai hal. Tapi…..kok rasanya gersang ya….????

Sehabis diskusi … ya habis sudah…..(aahh betulkah…minjem istilah Enos di Film Denias).

Padahal barusan aku diskusi ama Doktor yang mendalami Bioinformatics, juga dengan Proffessor yang hebat dalam Ilmu Politik…….hmm…..kenapa masih tetap GALAU???

Ya…..itu dia……. dokumentasi yang terstruktur mengenai kepakaran dia ada dimana ya? Apakah seseorang dapat mencari dan menelusuri Portfolio kepakaran yang dimilikinya? Buktinya apa? Hanya setumpuk Jurnal yang mungkin sudah bercampur debu kusam? Gimana cara mengakses knowledge mereka? Bagaimana caranya….apa yang bisa diperbuat?

Hmmmmmm….

Itulah kenyataan yang sementara ini saya gumuli di kampus tercinta, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Suatu kampus yang konon katanya pernah disinggahi para punggawa-punggawa dan pemikir tingkat nasional, bahkan Internasional. Yang kini semuanya itu tinggal kenangan…………. Tapi…..sekali lagi….dimanakah Dokumentasi Pengetahuan itu semua???

Memang di perpustakaan yang rencananya akan dikembangkan (tapi sekarang entah kenapa hanya mentok di lantai 4 aja) masih bisa dijumpai dokumentasi itu..tapi….gimana orang lain yang berada di luar kampus bisa mengaksesnya dan paling tidak tau…bahwa sebetulnya di kampus UKSW masih ada pemikir2 hebat yang buah pikirannya masih mumpuni dan tidak kalah dibandingkan para pemikir populis yang sering menghiasi media tanah air (bahkan udah bukan pemikir lagi, tapi mengarah ke selebritis).

Persoalannya ternyata sangat sederhana………tidak pernah ada dokumentasi yang tersusun baik dalam suatu sistem…!!! Semuanya parsial dan sifatnya masih berupa dokumen2 kertas yang sulit disebarkan dan dipublikasikan.

Bukankah kita sekarang hidup di dunia yang semakin datar (The World is Flat – Thomas L. Friedman)……dunia sekarang datar….hampir tidak ada sekat pemisah antara satu negara dengan negara lain…dan sementara terjadi globalisasi …hehehe…kata yang sering aku dengar waktu SMP-SMA doeloe (hmmm jadi ingat aku dengan salah satu tulisanku di Manado Post medio tahun 2000 – bahwa salah satu bentuk kesejagatan adalah Kampung Kecil Bernama Dunia).

Batasan itu hampir tidak ada….dan internet dan segala fasilitas yang tersedia didalamnya serta kedigdayaannya sangat mendukung proses ini.

Jujur, saya masih mendalami apa yang disebut orang dengan KNOWLEDGE MANAGEMENT. Tapi kalau dipahami secara mudah, sebetulnya KM itu adalah suatu proses pengelolaan pengetahuan yang masih berada dalam benak manusia (berupa ide, gagasan, pengalaman, lesson learn, dll) atau tacit knowledge yang kemudian digali, dikategorisasi dan didokumentasi menjadi explicit knowledge.

Itu artinya penerapan KM di kampus UKSW sebetulnya tidak sulit dengan kondisi yang berkembang di kampus, bahwa UKSW harusnya bersyukur karena akses internet bukanlah hal yang sulit didapatkan. Bahkan GRATIS untuk para DOSEN…

Pernah terbayang gak….separuh saja dari total DOSEN UKSW yang punya BLOG…itu artinya ada ratusan bahkan RIBUAN topik dan pengetahuan yang bisa dipelajari bersama dan didiskusikan……dan…bisa di DOKUMENTASIKAN…!! Serta tentu saja bisa bermanfaat ganda, baik bagi si PRODUSEN maupun KONSUMEN informasi….ingat kita sekarang berada pada era PARTISIPATIF……era PRO-CUMER..!!!

Tidak ada media..??? Sepertinya bukan jawaban…..gak usah jauh2…..pakai BLOG saja, bisa menggunakan WordPress, Blogspot, Multiply dan lain-lain.

Tidak ada waktu menulis..??? Apakah ini alasan dari seorang dosen yang kesehariannya diperhadapkan dengan kesibukan mempersiapkan materi kuliah??? Tidak perlu jauh-jauh….tulislah apa yang sekarang menjadi topik bahasan di kelas….simple kan???

Miskin Dokumentasi Pengetahuan bisa diatasi dengan:

  1. Pelatihan bersama seluruh DOSEN untuk membuat dan memanfaatkan BLOG sebagai media sharing of knowledge (gak usah malu untuk belajar…bukankah belajar itu berlaku bagi siapa saja).
  2. Terus mengupdate tulisan maupun informasi di BLOG (kan semua tempat di kampus sudah bisa mengakses internet).
  3. Manfaatkan paket laptop ber-subsidi…. Laptop bukan barang pajangan apalagi untuk gaya-gayaan semata
  4. Berani untuk mencoba…..tidak perlu malu kalau terpaksa harus bertanya pada mahasiswa gimana cara memanfaatkan BLOG.

dan….

Mari kita ciptakan Salatiga Blogger Community (ini istilah dan cita2 STR – Mahasiswa FE UKSW).

Bersama kita bisa…!!!!!!!! (hehe…sorry bukan bentuk kampanye SBY-JK ya…)

10 Comments »

  1. STR said,

    Wah … Udah pake2 Friedmanism nih, hehehe …😆

    Untuk pengembangan perpustakaan UKSW, memang harusnya FE itu digusur aja kok. Ngapain mereka itu nongkrong di sana terus2an? Saya dengar2 sudah ada lembaga donor kita yang setia mau melengkapi perpustakaan kita, asal lantai 5 itu dikosongkan … Atau memang orang2 Satya itu udah nggak punya itikad baik dalam membangun UKSW ya … Bukannya dulu perpus kita adalah yang terlengkap se-Asia Tenggara? Huh …

    Kampung kecil bernama dunia? Hehehe, mantab, Mas!🙂

    Ya, itu memang sudah menjadi angan-angan saya ketika menginjakkan kaki di Salatiga sekitar setahun yang lalu. Dan seharusnya angan-angan itu juga bisa didaratkan di Salatiga dimana ada dunia akademis yang identik dengan ilmu dan kebiasaan belajar, membaca, dan menulis.

    Semoga.

  2. STR said,

    Dulu katanya FE UKSW mau membeli Wisma Kardinah untuk dijadikan tempat bernaungnya karena pada tahun 2000-an itu sedang mengalami surplus keuangan yang begitu besar, tapi kenapa itu nggak terrealisasi? Kok malah sekarang Wisma Kardinah itu dibeli sama Dana Pensiun Satya Wacana (yang ketuanya saat ini adalah dosen FE UKSW)?

  3. tivo said,

    Hi, i’m a KM practitioner myself. I think you have a very good posts here – it’s unfortunate i can’t participate : ) But just the same keep it up.

  4. johantambotoh said,

    #tivo:

    Hi nice to meet u. I will wait for your comment in this BLOG. Next time i’ll write my opinion about KM in English. Tq…. 🙂

  5. […] knowledge. I firstly knew KM from Johan Tambotoh, a lecturer of KM at my campus. He said that blog is one of devices that can be used to practice KM — as the knowledge […]

  6. tivo said,

    ok thanks johan, i saw ‘the world is flat’ from the post so i just thought you have read it as im supposed to finish it : ) btw i visit Jakarta once in a while so probably we can meet up.

  7. johantambotoh said,

    #tivo:

    Hi Tivo, i hope we can meet soon. But my hometown not in Jakarta. I’m in Salatiga, little city in Central Java Province.

    Now i have a big project with my students to develop a Software House. Our product using Java Platform (Netbeans, J2ME), PHP, MySQL, etc.

    As Friedman says in his book, how flat this world….maybe we can cooperate in IT project?

    But, anyway, i’m sorry if my english isn’t so good…hehe…

  8. Salam

    Pendokumentasian pemikiran? Boleh juga. Aku sependapat dengan hal itu. Tapi aku lebih suka mendokumentasikan pemikiran-pemikiran yang cenderung berupa opini akan suatu hal atau peristiwa. Kalau untuk pemikiran-pemikiran yang edukasional mungkin aku harus melangkahi beberapa gunung lagi agar bisa mengeluarkan pemikiran-pemikiran yang terstruktur dan ilmiah, hehehe (maklum, anak kemarin sore).

    mampir ya ke blogku..

  9. johantambotoh said,

    #Yodie Hardiyan:

    Gpp…toh opini dan pengalaman yang didokumentasikan itu bisa menjadi pengalaman dan pengetahuan baru bagi orang lain….misalnya (aku dah nengok di BLOG kamu)…..bahwa bener..gak ada HUBUNGAN antara SANDAL JEPIT dan OTAK….orang2 di FE aja yang ‘ngawur’…karena mengharuskan bersepatu…katanya untuk jadi seorang manager itu harus berpakaian rapih..dan dimulai dari sekarang….hmmm……ini kampus, bukan kantor…hahaha…so gpp dengan ‘status’ kamu yang ‘anak kemarin sore’ tapi dilihat dari motivasi kamu…..kamu itu calon ‘pemimpin besok pagi’…… hahaha…..

    Salut…teruskan perjuangan…!!! Hidup UKSW … !!!

  10. Neny said,

    Dont worry, Johan, selama masih ada dosen kayak kamu (dan moga2 saya) yang suka ngeblog dan beramal dgn berbagi ilmu di blog, kayaknya KM gak bakalan ada matinya, heheheh…

    Salam kenal ya. Sudah sering denger namanya, tapi orangnya belum pernah ketemu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: