October 9, 2007

Implementasi Pengelolaan Pengetahuan Untuk UKM

Posted in Knowledge Management, Technopreneurship tagged , at 5:23 am by Johan Tambotoh

Howdy,

Masih jelas dalam ingatan ini bagaimana ekspresi wajah seorang Kang Edie Juandie, pengusaha kecil asal kota hujan Bogor pada suatu kesempatan….

hmm..Johan….di Indonesia, UKM telah dipolitisir…UKM dibiarkan tetap “kecil”….jangan sampe jadi besar….cukup menengah aja…….soalnya kalo jadi besar…ntar banyak yang “dirugikan”……kan bisa-bisa ada departemen yang bubar…..makanya kita ini yang pengusaha “kecil” gak mau dibilang K-E-C-I-L……..apalagi UKM itu kan “Usaha Ker Mam”…..usaha untuk cari makan…gak mau….kami mau besar…tidak mau terus-terusan begini….

Ya itulah ‘derita kecil’ diantara sejuta derita yang menerpa Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia………selalu dipolitisir……dan kesan untuk mengangkat derajat mereka menjadi lebih besar….”hanya sekedarnya saja“…..sangat banyak yang asal ada proyek….dan tentu saja….UKM ini menjadi lahan uang. Dan betul juga ucapan Kang Edi tadi..”kalo kita jadi besar…..tentu saja banyak yang kehilangan lahan pekerjaan“. Bisa jadi!! Tapi lahan pekerjaan siapa? Anda tentu bisa menebak apa dan siapa yang saya maksud.

Okey……sekelumit kisah diatas dan berbagai realitas di lapangan yang pernah saya temui memang mengindikasikan bahwa sebetulnya ada upaya untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing UKM yang ada di Indonesia. Tapi entahlah…….semua hanya kiasan dan hampir tidak ada yang memberikan bukti konkrit. Tetap saja UKM terjepit ditengah semakin melejitnya bahan kebutuhan pokok dan terutama….terjepit karena regulasi pemerintah yang masih kurang berpihak pada mereka.

Tapi kondisi diatas bukanlah keadaan yang perlu ditangisi dan bahkan mematahkan semangat untuk memajukan UKM untuk menjadi usaha yang besar dan layak mendapat acungan jempol..!!!

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pengelolaan pengetahuan pada UKM……lho kok bisa? Bukankah Pengelolaan Pengetahuan itu “hanya” milik usaha besar saja??? TIDAK.!!! Siapapun dia…asal mau berubah bisa memanfaatkan pengelolaan pengetahuan dalam proses bisnisnya. Meskipun rata-rata pendidikan pengusaha kecil menengah ini terbatas, tapi bukan berarti tidak bisa direalisasikan.

Contohnya adalah dengan memanfaatkan media internet dengan segala kedigdayaan yang dimilikinya. Dengan internet si pengusaha/UKM bisa memanfaatkan informasi yang ada … dan tentu saja ini menambah pengetahuan dan kemampuan si UKM itu. Dan bahkan lebih dari itu, UKM tersebut bisa ‘menyumbangkan’ pemikiran berdasarkan pengalaman yang dimiliki…….sekali lagi ini era PROCUMER !!!

So….apa yang perlu dilakukan?

Menurut Yoki Kuncoro, paling tidak ada 3 (tiga) aspek utama yang perlu diperhatikan dalam implementasi pengelolaan pengetahuan pada UKM (dan tentu saja bagi organisasi lainnya):

  1. Eksplorasi, yaitu melakukan pemetaan dalam organisasi mengenai knowledge yang dimiliki oleh setiap divisi, baik yang berhubungan dengan sumber daya manusia, produk, pasar, maupun pelanggan. Dengan begitu, maka akan mudah dilakukan proses pencarian dan pengumpulan seluruh pengetahuan yang dimiliki perusahaan maupun pengetahuan yang dikuasai oleh tiap pegawai.
  2. Proses pembelajaran. Pada tahap ini dilakukan cara memanfaatkan pengetahuan tersebut secara maksimal. Bisa dengan pertukaran antar individu maupun secara perorangan. Atau, bisa dilakukan melalui forum interaktif untuk berbagi pengetahuan secara online (misalnya dengan BLOG). Pada tahap ini, akan tercipta budaya pembelajaran yang semakin lama semakin kuat. Kenapa? Karena pada dasarnya setiap orang haus akan informasi dan pengetahuan. Akibatnya, perusahaan pun akan semakin kaya akan orang-orang yang kuat pengetahuannya.
  3. Proses mencari dan menciptakan pengetahuan baru. Tahap ini akan terjadi bila telah terjadi budaya pembelajaran yang kuat dalam perusahaan. Dan juga, kumpulan knowledge yang sebelumnya dimiliki perusahaan dalam sistem knowledge management tidak lagi mencukupi. Sehingga, tiap orang dalam perusahaan akan berusaha untuk mencari dan menemukan pengetahuan yang baru. Alhasil, kumpulan pengetahuan dalam sistem knowlegde management menjadi terus berkembang yang pada akhrinya akan menjadi sumber pengetahuan perusahaan yang lengkap dan update atau terus diperbaharui.

Apakah perusahaan Anda termasuk dalam kategori UKM? Tidak ada salahnya untuk mencoba hal ini.

2 Comments »

  1. Neny said,

    Johan,

    Salam kenal balik…

    Conferencenya tgl 27 Nov 2007 di hotel Beringin. Daftar aja di TU FBS (F lt. 5). Kita tunggu ya partisipasinya, kalau perlu semua orang FTI suruh ikut aja hahahah…

  2. hendra said,

    memang perbaikan UKM sistem pengetahuan dan teknologi yang tepat untuk UKM saat ini….tetap dukung pengembangan UKM!!!!

    tapi sebelumnya, tolong ditanggapi pertanyaan ini,,
    bagaimana se tanggapannya dengan pengembangan UKM dengan memanfaatkan modal ventura????

    kan bukan hanya permodalan yang diberikan namun pembinaan manajemen juga…..!!!!

    tolong tanggapannya ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: