About Johan

Howdy,

Saya Johan, lengkapnya: Johan Jimmy Carter Tambotoh…. Heheh… pasti pada bertanya nih? Apa hubungannya ama Jimmy Carter si juragan kacang tanah yang menjadi penguasa negara adidaya Amerika Serikat menggantikan Gerald Ford pada tahun 1976. Jelas aja gak ada hubungannya, hanya saja ortu gue itu konon nge-fans banget ama do’i so..nama anaknya pun dibikin sama….hehe….

Saya dilahirkan di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, kota kecil di bawah kaki gunung Lokon. Kota yang indah dan ‘ngangeni‘ (istilah orang Jawa)…….. Dari kecil hingga SMA saya berada di kota tersebut dan pada tahun 1997 hijrah ke Kota Salatiga untuk menuntut ilmu di Fak. Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Kristen Satya Wacana.

Setelah lulus kuliah pada tahun 2001 saya berkelana ke Jakarta, ibukota negeri ini…. Sungguh pengalaman yang sangat berharga dalam hidup ini dan saya tidak pernah menyesal ketika disana saya harus jatuh bangun dan kadang jatuhnya kagak bangun-bangun. Pengalaman utama yang saya dapatkan di Jakarta sangat banyak…terutama bagaimana berpikir ala entrepreneur yang mampu melihat peluang dan memanfaatkannya. Insting saya dalam melihat berbagai peluang terbentuk disana secara tidak sengaja. Karena saya hampir tidak pernah melamar kerja. Sebagian besar waktu saya di Jakarta saya habiskan untuk membangun usaha sendiri, entah dengan teman, keluarga dan sebagainya. Sungguh banyak pengalaman saya disana meskipun hanya 4 tahun dan kadang teman-teman mengatakan aku kalah ketika aku memutuskan untuk kembali ke Salatiga…ya kota kecil di Kaki Merbabu yang sangat memikat hatiku…..karena sangat mirip dengan kota kelahiranku Tomohon.

Akhirnya saya kembali ke Salatiga dan menjadi dosen di Fakultas Teknologi Informasi UKSW. Fakultas ini merupakan fakultas yang baru didirikan di almamater saya. Sebelum bergabung dengan FTI saya sempat bekerja sebagai staff di Pusat Penelitian Gender UKSW. Meskipun masih baru, fakultas ini merupakan fakultas paling favorit di UKSW. Peminatnya sangat banyak dan setiap tahun merupakan fakultas yang paling banyak menerima mahasiswa. Banyak hal baru yang saya invent dan kembangka di tempat ini dan semuanya berasal dari pengalaman saya di Jakarta dulu. Saat ini saya concern untuk mengembangkan kewirausahaan dalam bidang Teknologi (Informasi) yang dikenal dengan nama Technopreneurship.

Salah satu ide saya yang kini sudah menjadi kenyataan, meskipun baru dan masih bayi, adalah Satya Wacana Business Technology Center (SWBTC). Puji Tuhan…..akhirnya aku menemukan duniaku…..setelah petualangan yang melelahkan dan mengasyikkan di Jakarta………….

Oke…itu dulu informasi tentang si Johan Tambotoh, ntar disambung lagi ya…!!!

Tengkyu….

13 Comments »

  1. Tommy Bernadus said,

    thambs, bikin cerpen deh, nanti gw yang ngedit

  2. johantambotoh said,

    oke mas tommy…….

    Sorry ini aja beberapa artikel belom sempat kita bikin…maar kita usahakan no…….

    Tks

  3. santo said,

    pak johan memang pejuang yang hebat tapi orang nya juga asyik dan selalu ingat kita2 yang ada di tu. maju terus buat pak johan kita selalu dukung anda. tuhan bersama kita semua. amin

  4. johantambotoh said,

    #santo

    makasih mas Santo…..hehehe…bisa aja…. jadi malu dibilang PEJUANG…mas Santo dan teman2 di TU kan Pejuang2 FTI juga…iya kan??. Sorry udah jarang ke TU FTI karena sekarang harus berbasis di Bistek. Terima kasih juga atas kerjasamanya selama ini. Saya senang bisa bekerjasama dengan kalian di TU. Salute……

  5. Ibu said,

    kalau tertarik dengan implementasi KM silahkan lihat di blog kami. http://www.deskita.blogspot.com

  6. johantambotoh said,

    kok link-nya gak bisa dibuka?

    Tks untuk masukannya

    Salam,

    Johan

  7. STR said,

    Untuk Ibu,

    Itu link-nya ada huruf “a” yang hilang. Ibu menulis “http://deskita.blogspot.com,” padahal yang benar adalah “http://desakita.blogspot.com.”

    Untuk Mas Johan,

    Mundur dari Jakarta bukan berarti kalah karena Salatiga memang benar-benar memikat. FTI UKSW memang jadi primadona akhir-akhir ini, namun stigma yang diberikan oleh banyak mahasiswa, khususnya angkatan tua, sangat tidak bersahabat: “fakultas gaul.”

    Pernah di PPSG toh? Berarti sepakat dengan Mbak Pur yang bilang, “God is genderless?”

  8. johantambotoh said,

    Alo STR,

    Tks ya udah mengingatkan yang blogspot diatas.

    Saya sudah baca sekilas blog kamu. dan HEBAT…!!!! Ternyata masih ada mahasiswa UKSW yang bisa berpikir maju kayak kamu…kirain udah pada tepar semua…hahaha……

    Btw, masalah “Fakultas Gaul” saya juga baru sekarang mendengarnya. Mungkin saja (ini pendapat pribadi lho….) karena FTI baru aja berdiri dan sedang menggeliat, belum lagi dosen2nya yang masih pada muda. Tapi batasan “Gaul” yang dimaksud belom saya tangkap betul.

    Kalo yang saya tau emang FTI “gaul’ banget, tapi dalam arti banyak membuka diri dengan berbagai pihak, dan masih pada rel-nya. Misalnya dengan keberadaan SWBTC atau BISTEK yang saat ini mendapat kepercayaan dari berbagai pihak untuk pengembangan Technopreneurship.

    Hmmm…God is Genderless???? I have no idea…hahaha. dulu di PPSG cuma tukang ketik hahhaa….. sorry….

    Bagi saya persoalan ke-Tuhan-an itu persoalan pribadi yang sulit untuk diperdebatkan. Siapa yang bisa membuktikan bahwa Tuhan itu laki2? Kenapa ada Allah Bapa….kok gak Allah Ibu???? Jujur.. i have no idea…

    Salam,

    Johan

  9. STR said,

    Mas, ini habis blogwalking ke blog RSW. Apa Mas Johan nggak bikin juga JohanTambotoh.Net?😀

    Mas, blognya SWBTC itu kenapa kok kosong? Bukannya setiap hari di SWBTC selalu ada event yang bisa ditulis (didokumentasikan) di sana?

  10. johantambotoh said,

    #STR:

    Makanya…mgk itu akan jadi kerjaan pertamamu di BTC, ntar aku koordinasikan dengan Rudy.

    Tks ya

  11. Kris said,

    Pas blog walking ketemu teman satu almamater, met kenal deh. Nama saya Kristian FE UKSW angkatan 96

  12. ida said,

    alo pak… masih imut2 juga ya he2..

  13. ˙ǝɯıʇ ǝɥʇ ןןɐ ssǝɔɔns uıɐƃ noʎ ǝdoɥ ı
    ؛spɹɐƃǝɹ ʇsǝq

    ˙ǝʇısqǝʍ ɹno oʇ oƃ uɐɔ noʎ ‘ʇuoɟ ǝnbıun puıɟ oʇ pǝǝu noʎ ɟı
    ‘ʎɐʍ ǝɥʇ ʎq

    ¡ƃoןq ǝɔıu ɐ ǝʌɐɥ noʎ
    ¡ƃuıʇǝǝɹƃ ɯɹɐʍ ¿noʎ ǝɹɐ ʍoɥ ¡oןןǝɥ


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: